Estetika Poster Propaganda

Menurut Wikipedia, propaganda adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang. Propaganda tidak menyampaikan informasi secara objektif, tetapi memberikan informasi yang sengaja dirancang untuk memengaruhi pihak yang mendengar atau melihatnya.

Propaganda bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui poster. Sebuah poster propaganda didesain sedemikian rupa untuk memengaruhi para pembacanya. Gambar-gambar yang digunakan sangat mencolok. Teks yang terdapat di dalamnya juga begitu bombastis.

Beberapa hari ini, saya tertarik dengan desain poster propaganda, terutama milik pemerintah Korea Utara. Menurut saya, poster propaganda milik Korea Utara sangat elegan.

Dalam setiap posternya, Korea Utara selalu mempropagandakan betapa maju dan makmurnya negeri itu di bawah kendali komunis. Korea Utara juga ingin menunjukkan kepada dunia bahwa negerinya bisa mandiri dengan kekuatan sendiri. Tentu saja hal tersebut menjadi sebuah sindiran yang halus bagi negeri tetangganya, Korea Selatan.

Berikut ini saya tampilkan beberapa poster propaganda milik Korea Utara yang saya peroleh dari Google. Saya telah melakukan analisis terhadap makna atau pesan yang tersirat dalam poster-poster itu. Analisis yang saya lakukan berdasarkan tinjauan pada gambar semata, bukan berdasarkan terjemahan teks.

Selamat menikmati :)

1. Poster Propaganda Bidang Sejarah, Nasionalisme, dan Pemuda
“Wahai bapak bangsa Kim Il Sung, Anda adalah kesayangan semua orang!”
“Wahai bapak bangsa Kim Il Sung, kami senantiasa menjadikanmu sebagai sosok panutan!”
“Rakyatku, semoga kebahagiaan dan kesejahteraan senantiasa bersama kalian."
"Mari menerangi dunia dengan kerja keras!"
"Wahai pemuda, apa kontribusimu bagi bangsa dan negara?"
"Mari wujudkan pendidikan yang bebas biaya untuk semua kalangan!"
Kaum terpelajar adalah tonggak pembangunan.”
"Kami adalah bangsa pemimpin teknologi!"
2. Poster Propaganda Bidang Pertahanan
"Kami berada di garda terdepan dalam menjaga kedaulatan negara. Republik Korea Utara harga mati!"
3. Poster Propaganda Bidang Pertanian, Perikanan, dan Perindustrian
"Pangan tercukupi, produktivitas kerja tinggi!"
"Kami senantiasa mengembangkan teknologi demi tercukupinya kebutuhan pangan."
“Nikmat mana lagi yang kau dustai? Tanah kami begitu subur dan makmur!”
"Lihatlah, negeri kami swasembada pangan!!”
"Daging kualit terbaik lahir dari padang rumput yang menghijau."
"Laut kami menyediakan sumber protein hewani yang melimpah ruah."
“Industri majukan negeri!”
4. Poster Propaganda Bidang Perhubungan
“Memberikan pelayanan transportasi yang aman dan nyaman adalah kewajiban kami!”

5. Poster Propaganda Bidang Budaya
"Cintai budaya negeri!"

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

17 komentar

Click here for komentar
25 Maret 2016 pukul 11.55 ×

sejujurnya gue agak bingun men sama orang-orang korut. apa nggak merasa lelah ya hidup seperti itu. makin lama makin menjadi-jadi aja. belum lagi akhir-akhir ini mainannya roket. hmmm. dan untuk propaganda terhadap rakyat, ya.. negara itu memang cukup hebat. bukan cuma dari poster, tapi... dari media massanya itu tuh

Balas
avatar
admin
25 Maret 2016 pukul 12.48 ×

Poternya keren-keren, maknanya jugaa. Tapi kok Korut terlalu membesar-besaarkan diri sendiri ya, atau ini cuma pendapat kesotoyan saya saja?

Balas
avatar
admin
25 Maret 2016 pukul 14.40 ×

Sok-sokan banget ya mereka. Tetep aja, yang belagu itu biasanya kalah telak.

Balas
avatar
admin
Anonim
25 Maret 2016 pukul 15.29 ×

Korea Utara terlalu membesarkan kekuatan mereka. Tapi dibelakang itu semua kan, Rusia berada dibalik kekuatan komunis mereka. Biarlah kebenaran akan terwujud, dan suatu hari jangan terkejut kalau kalian melihat mereka jatuh akan kesombongan mereka.

Balas
avatar
admin
25 Maret 2016 pukul 15.33 ×

Gue gak tau apa2-apa tentang Korea Utara. Gue juga gak tau kalau Korea Utara dibawah kendali negara komunis dan sebagainya. Gue mau ambil sisi poster aja yah. Itu benar-benar keren, maknanya ngena dan sudah bisa mempengaruhi banyak orang. Tapi kalau itu digunakan untuk kesombongan semata, mending posternya dibakar aja.

Balas
avatar
admin
25 Maret 2016 pukul 17.55 ×

nyimak aja.. ngak ngerti yang begini-beginian.. hehehe
tapi desain posternya keren banget tuh..

Balas
avatar
admin
25 Maret 2016 pukul 19.37 ×

Gw sih gak paham ya sama korut dan antek2 kenegaraannya.
Cuma kalo dari segi posternya menurut gw sih cukup bagus, tapi entah gw aja yg liat atau emg org lain liatnya jg sama, kok itu desainnya macem poster2 jadoel gitu yak?

Balas
avatar
admin
26 Maret 2016 pukul 06.11 ×

Waktu kemaren liat di berita sejujurnya korea utara itu hebat hanya dari luar. Tapi sebenernya mereka tertinggal. Ya. Biar mereka bisa terlihat lebih hebat dari korea selatan yg sudah lebih maju.

Tapi untuk poster emang keren. Desain yg sangat mengguncang orang yang liat.

Balas
avatar
admin
26 Maret 2016 pukul 08.26 ×

kalo ngomongin korea utara memang tak ada habisnya penuh dengan kontroversi.. poster2nya juga mengundang pro dan kontra

Balas
avatar
admin
26 Maret 2016 pukul 09.17 ×

Oalaaah. Tak pikir analisis dalam bentuk paragraf. Ternyata cuman sekalimat-kalimat. Hehe. Tapi aku kok lihat posternya biasa-biasa aja, ya? Normal selayaknya poster yang lain.

Balas
avatar
admin
26 Maret 2016 pukul 12.44 ×

kalau ngebahas korea utara, aku angkat tangan, belum cukup ilmu, hehehe..
tapi pas mandangin poster ini aku ngerasain dejavu, kayak g sekedar liat tapi kerasa juga. aku akui posternya keren, bahkan menurutku punya sifat menghipnotis, mungkin karena itu aku ngerasa dejavu. pas ngeliat poster ini kayak dibawa ke era 60 sampai tahun 80-an, padahal aku belum lahir. cuman tujuan utama untuk mempropaganda sukses aku rasain pas mandangin poster ini

Balas
avatar
admin
26 Maret 2016 pukul 15.34 ×

Hahahah kampret, baca tulisan ini jadi ingat dengan film The interview

Tapi sebenarnya tinggal disana sedih men, Internet dibatasi, perusahaan asing nggak ada yang boleh masuk, rakyatnya nggak boleh demokrasi dsb. Yaaa namanya juga negara komunis yak

Balas
avatar
admin
27 Maret 2016 pukul 08.06 ×

aku ngeliatnya bagus aja posternya.terlepas dari propaganda didalemnya aku enggak peduli.. haha
Jadi pengin bikin juga poster yang begituan (Mikir dulu)

Balas
avatar
admin
27 Maret 2016 pukul 10.51 ×

Posternya keknya jadul gitu ya, tapi warga mereka nasionalisnya tinggi. Nggak tau nasionalis beneran atau terpaksa. Hidup disana ketat banget, gak ada internet, saluran tv cuma punya pemerintah.

Balas
avatar
admin
27 Maret 2016 pukul 21.15 ×

Kebanyakan dari Korea ya posternya. Kalo ngebahas Korut sama korsel, gak bakalan ada habisnya. Sering memproklamirkan propaganda, saling meracik roket, saling sikut dalam bidang pertahanan.

Poster2nya gue yakin memiliki makna yang dalam, menarik juga :3

Balas
avatar
admin
28 Maret 2016 pukul 12.14 ×

nemu dimana poster2 nya?
keren keren yaa


yang terakhir itu kayaknya model utamanya girlband deh...
atau pemain drama korea ya. hahaha

Balas
avatar
admin
1 April 2016 pukul 18.37 ×

Berat ini bahasannya. Tapi pengin ngekaji makna posternya, mayan buat nugas wkwkwk makasih, Om.

Balas
avatar
admin
Posting Komentar
Thanks for your comment